Senin, 16 April 2012

Sepeda Gunung

Sebuah sepeda gunung atau sepeda gunung (MTB disingkat) adalah sepeda diciptakan untuk off-road bersepeda. Kegiatan ini meliputi melintasi batu dan penggerusan, dan penurunan tajam, di jalan tanah, jalan logging, dan lainnya tak beraspal lingkungan-kegiatan biasa disebut bersepeda gunung. Sepeda ini harus mampu menahan tekanan dari off-road dengan kendala seperti kayu dan batu. Sepeda gunung kebanyakan menggunakan roda dengan pelek yang 559 mm ISO ukuran, salah satu ukuran yang bahasa sehari-hari disebut sebagai "26-inci". Roda digunakan pada sepeda gunung biasanya menggunakan lebar, ban ceking untuk traksi yang baik di medan tidak rata dan penyerapan shock.Sejak pertengahan 1990-an, suspensi roda depan telah menjadi norma dan sejak akhir 1990-an, depan penuh dan suspensi belakang telah menjadi semakin umum. Beberapa sepeda gunung juga dilengkapi dengan bar berakhir pada setang untuk memberikan pengaruh ekstra untuk bukit-mendaki.Karena perkembangan olahraga di tahun 1970 subtipe baru banyak bersepeda gunung telah dikembangkan, seperti cross country (XC) bersepeda, sepanjang hari ketahanan bersepeda, Freeride-bersepeda, menurun bersepeda gunung, dan berbagai lagu dan kompetisi slalom Masing-masing tuntutan tempat yang berbeda di sepeda yang memerlukan desain yang berbeda untuk kinerja yang optimal. MTB pembangunan sudah termasuk peningkatan gearing, sampai dengan 30 kecepatan, untuk memfasilitasi baik keturunan tebing dan cepat. Namun, baru-baru "1 dengan 10" tren telah muncul, menyederhanakan gearing satu sproket di depan dan 10 di bagian belakang drive train. Hal ini memungkinkan untuk bobot komponen lebih ringan tetap mempertahankan penyebaran besar gearing pilihan.Perkembangan lain termasuk disk bukan rem pelek. Sebuah produksi terakhir adalah SKYVER, sejenis skuter menurun sepeda.


Sejarah
Sebuah gunung sepeda lintas negara ras.Artikel utama: Sejarah sepeda gunung dan bersepeda gunungSejarah sepeda gunung termasuk kontribusi dari cyclo-lintas di Eropa dan Fellowship Roughstuff di Inggris. Nama "sepeda gunung" yang pertama muncul di cetak pada tahun 1966 sebagai "sepeda gunung". Sepeda gunung adalah sepeda cruiser dimodifikasi berat digunakan untuk freewheeling turun jalan gunung.Olah raga ini menjadi populer pada 1970-an di Marin County, California, Amerika Serikat. Tahun 2007 film dokumenter, Klunkerz: Sebuah Film Tentang Sepeda Gunung, melihat masa off-road bersepeda secara rinci. Namun, tidak sampai akhir 1970-an dan awal 1980-an jalan itu perusahaan mulai memproduksi sepeda sepeda gunung menggunakan material berteknologi tinggi ringan, seperti M4 aluminium, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, titanium, hydroformed aluminium, dan bingkai serat karbon telah menjadi lebih umum tetapi bisa sangat mahal. Produksi massal sepeda gunung pertama adalah Stumpjumper khusus, pertama kali diproduksi pada tahun 1981. Sepanjang tahun 1990-an dan 2000-an, bersepeda gunung pindah dari olahraga yang kurang dikenal untuk kegiatan utama lengkap dengan sirkuit balap internasional dan kejuaraan dunia..



Desain
Sepeda gunung dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori berdasarkan suspensi:Sepenuhnya kaku: Bingkai dengan garpu belakang kaku dan tetap, tidak ada skorsing.Hardtail: Bingkai dengan garpu suspensi depan dan tidak ada suspensi belakang.Ekor lunak: Sebuah frame dengan sejumlah kecil suspensi belakang, diaktifkan dengan rakelmartins dari frame bukan pivot.Dual atau full suspensi: Sebuah garpu suspensi depan dan suspensi belakang dengan shock belakang dan keterkaitan yang memungkinkan roda belakang untuk melanjutkan pivots.[Sunting] Disiplin berorientasi desainAda beberapa gaya yang berbeda dari bersepeda gunung, biasanya ditentukan oleh medan, dan karena itu sepeda yang digunakan. Gaya mengendarai sepeda gunung dan sepeda gunung telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan istilah seperti Freeride dan "sepeda Trail" yang digunakan untuk mengkategorikan sepeda gunung. Definisi untuk istilah yang paling banyak digunakan tercantum di bawah ini.2008 GT Zaskar Pro Karbon hardtail lintas negara sepeda gunung dengan rem karbon frame dan diskLintas negara (XC) sepeda gunung dirancang terutama di sekitar disiplin balap lintas negara. Lintas balap negara dengan penekanan pada pendakian serta sepeda kecepatan dan tuntutan daya tahan yang baik ringan dan efisien. Pada 1980-an dan sepeda XC awal 1990-an gunung biasanya terdiri dari frame hardtail baja ringan dengan garpu kaku. Sepanjang tahun 1990-an sepeda XC berevolusi untuk menggabungkan frame aluminium ringan dan perjalanan singkat (65-110 mm) depan garpu suspensi.Baru desain suspensi penuh telah menjadi lebih umum, penggunaan komposit serat karbon canggih telah memungkinkan desainer sepeda untuk menghasilkan desain suspensi penuh di bawah 10 kg. Sepeda suspensi lengkap seperti Epos Khusus dan Mérida Sembilan Dua telah berhasil digunakan untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Cross Country. Geometri sepeda Cross Country nikmat kemampuan mendaki dan tanggapan cepat atas turun dan stabilitas dan sebagai akibat sudut kepala khas adalah 70-71 ° Meskipun ditujukan untuk off-road, sepeda gunung Cross Country dengan penekanan pada konstruksi ringan tidak dirancang untuk digunakan pada medan paling terjal atau berat."Trail" Sepeda adalah pengembangan sepeda XC yang umumnya digunakan oleh pengendara sepeda motor gunung rekreasi baik di tujuan membangun "pusat Trail" atau di alam off-road trails. Mereka biasanya memiliki sekitar 5 "(120-140 mm) dari perjalanan, berat 11 sampai 15 kilogram (24 sampai £ 33), dan memiliki geometri sedikit pemalas dari sepeda XC, meskipun tidak kendur sebagai PM sepeda Contoh termasuk The Trance Giant., Bahan Bakar Trek EX seri, FSR Stumpjumper khusus, dan lainnya. Dengan kurang dari penekanan pada berat badan, Sepeda Trail biasanya dibangun untuk menangani medan kasar dari sepeda XC khusus sementara memiliki sudut kepala pemalas (69-680) yang menyediakan stabilitas yang lebih besar sementara turun.Enduro / all-mountain (AM) sepeda menjembatani kesenjangan antara lintas negara dan sepeda Freeride, seperti Remedy Trek seri, Specialized enduro, biasanya dengan berat antara 13 hingga 16 kilogram (29 sampai 35 lb). Sepeda ini cenderung menampilkan perjalanan suspensi yang lebih besar, sering sebanyak 6 inci (150 mm) atau 7 "depan dan perjalanan belakang, sering disetel pada lebih baru pertengahan dan high-end sepeda. Mereka dirancang untuk bisa memanjat dan turun juga, sepeda ini dimaksudkan untuk dikendarai pada semua hari wahana melibatkan tanjakan curam dan keturunan yang curam, maka istilah 'all-gunung'.Sebuah BigHit Khusus II entry level Downhill / Freeride sepeda gunung dengan 180 milimeter (7,1 in) dari perjalanan di garpu depan dan 190 mm (7,5 in) di shock belakang.Downhill (DH) sepeda biasanya memiliki delapan atau lebih inci (200 mm) dari perjalanan suspensi. Mereka dibangun dengan frame yang kuat, namun ringan, yang sering memerlukan penggunaan 78alloys lebih mahal dan baru-baru ini, serat karbon.Dalam beberapa tahun terakhir, lebih ringan menurun sepeda telah mendapatkan bawah angka 40 lbs (18 kg). Karena gigi mereka biasanya besar atau tinggi, panjang, perjalanan mewah dan sudut geometri kendur, sepeda Downhill ideal hanya untuk naik turun menurun didedikasikan jalan dan kursus ras. Downhill sepeda memiliki sag sebagian Sepeda Gunung untuk mendapatkan traksi yang cukup untuk pergi cepat lebih jalan bergelombang. Sudut Kepala sering sebagai kendur sebagai 63 derajat. Beberapa jenis catatan kecepatan sepeda telah terdaftar menurun. Karena sifat tinggi kecepatan menurun mengendarai sepeda paling hanya memiliki satu cincin rantai di depan, seorang penjaga pesta besar dan panduan rantai, meskipun pembalap sekarang banyak menggunakan panduan rantai tanpa penjaga bash untuk mengurangi berat badan. Beberapa produsen telah bereksperimen dengan desain yang menampilkan gearbox internal yang dibangun langsung ke dalam konstruksi frame. Modifikasi ini menghilangkan kebutuhan untuk mekanisme derailleur belakang namun belum memeluk karena masalah daya tahan dengan gearbox selama tekanan dari ras DH.Freeride (FR) sepeda gunung mirip dengan menurun sepeda, tetapi dengan kurang penekanan pada berat dan lebih pada kekuatan. Sepeda Freeride cenderung memiliki suspensi yang cukup luas dan biasanya memiliki setidaknya 7 inci (180 mm) dari perjalanan. Komponen yang dibangun dari kuat, akibatnya lebih berat, bahan. Mereka dapat dikendarai menanjak, tapi tidak efisien dan sudut kepala agak kendur tabung mereka membuat mereka sulit untuk manuver sementara miring ke atas bukit atau melakukan perjalanan pada kecepatan rendah. Mereka adalah efektif pada teknis menurun jalan. Sudut bingkai biasanya lebih curam dari yang ditemukan di menurun sepeda. Hal ini meningkatkan kemampuan manuver atas dan di sekitar benda-benda kecil. Sepeda Freeride biasanya berkisar dalam berat dari 14 menjadi 20 kilogram (31-44 lb). Sepeda Freeride paling tahan lama sering terlalu berat dan memiliki suspensi terlalu banyak untuk dikendarai menanjak senyaman lain yang kurang kokoh model, meskipun lebih baru, sepeda lebih mahal datang dengan suspensi yang khusus dirancang untuk membuat mereka lebih mudah untuk naik menanjak.Ujian sepeda ditetapkan secara khusus untuk tujuan uji coba sepeda. Dua jenis percobaan sepeda ada, mereka dengan 26 "roda (disebut sebagai 'saham') dan mereka dengan 20" roda (disebut sebagai 'mod' - karena secara historis mereka telah diubah sepeda BMX). Mereka biasanya memiliki suspensi sama sekali, meskipun beberapa masih menggunakan beberapa bentuk dari itu. Peraturan kompetisi memerlukan sepeda saham memiliki beberapa gigi untuk kompetisi, tapi pembalap paling tidak pernah menggunakan shifter mereka. Peraturan persaingan tidak memerlukan sepeda mod untuk memiliki gigi. Banyak non-kompetitif pengendara menjalankan tunggal kecepatan, memilih cukup rendah kecepatan, tinggi torsi gigi. Paling modern percobaan sepeda memiliki kursi sama sekali, sebagai pengendara menghabiskan seluruh waktunya dari pelana. Motor ini secara signifikan lebih ringan dari hampir semua sepeda gunung lainnya, berkisar dari 7 sampai 11 kilogram (15 sampai 24 lb). Hal ini membuat manuver sepeda jauh lebih mudah.Sebuah sepeda melompat sederhana kotoran.Dirt jumping, perkotaan dan jalan sepeda gunung terletak di suatu tempat di antara sepeda BMX dan sepeda Freeride. Mereka biasanya sepeda sangat kuat, dengan 4 sampai 6 inci (100 sampai 150 mm) dari suspensi depan, dan jarang ada suspensi belakang (3 sampai 4 inci, 76 sampai 100 mm, jika ada), dengan sebanyak sembilan gigi atau sebagai sedikitnya satu. Ban motor ini biasanya cepat bergulir, licin atau semi-slicks. Dirt jumper biasanya olahraga geometri 24-26 "ban, serta bashring (sejenis bashguard) mengganti cincin terbesar di crankset jumper Dirt biasanya memiliki seatposts rendah dan setang besar.. Jumper kotoran Kebanyakan memiliki rem belakang diperpanjang kabel dipasang dan tidak memiliki rem depan, yang memungkinkan pengendara untuk memutar handle bar tanpa kekusutan kabel rem.Single-kecepatan (SS) sepeda gunung memiliki satu set gigi rasio.Rasio gigi yang dipilih tergantung pada medan yang sedang ditunggangi, kekuatan dan keterampilan pengendara, dan ukuran sepeda (sepeda dengan 29 "roda sering membutuhkan gearing berbeda dari sepeda dengan standar 26" roda). Seringkali tunggal kecepatan sepenuhnya kaku, baja berbingkai sepeda. Ini biasanya dikendarai oleh individu yang sangat cocok pada ringan sampai sedang medan lintas negara.Gunung salib atau "Empat-salib" (4X) adalah gaya yang relatif baru naik di mana pengendara sepeda motor empat balapan menurun pada disiapkan, seperti BMX, lagu, hanya mencoba untuk turun pertama. Motor ini umumnya baik suspensi penuh dengan 3 sampai 4 inci (76 sampai 100 mm) dari perjalanan, atau hardtails, dan memiliki, biasanya, frame cukup kuat. Mereka menjalankan chainguide di bagian depan dan roda gigi di bagian belakang.Mereka memiliki sudut kepala kendur, chainstays pendek dan kurung bawah rendah untuk membantu dalam menikung dan percepatan.Slalom ganda (DS) mirip dengan Empat-lintas, tetapi bukan empat pengendara sepeda bersaing selama perlombaan, hanya ada dua.Kursus biasanya memiliki jalur untuk pengendara masing-masing, meskipun beberapa bergabung untuk jalur tunggal di tempat atau bahkan untuk banyak kursus. Kursus ini pada umumnya lebih teknis dengan melompat kecil dari Empat lintas program. Ras Slalom ganda awalnya berlangsung pada lereng rumput dengan gerbang dan melompat minimal, tetapi yang sekarang disimpan di buatan manusia kursus. Pengendara slalom ganda biasanya akan menggunakan sepeda sama yang Empat-lintas pengendara digunakan.Pendek lintas atau kecepatan salib (SC) adalah bentuk terbaru dari bersepeda gunung. Idenya adalah untuk naik pendek, jalan hutan yang sempit dengan batu dan akar, tetapi belum tentu setiap landai pada mereka. Panjang yang optimal dari jalur berasal dari beberapa puluh hingga ratusan meter. Sesak adalah untuk memberikan kecepatan ekstrim dan gairah untuk melewati rintangan secepat mungkin tanpa menabrak. Ketinggian dari setiap jalur tidak harus berbeda jauh. Arah utama dari setiap jalur dari aspek vertikal dapat berupa atas atau bawah. Transisi antara bagian-bagian penting yang bisa dianggap enteng dan berhenti di awal jalan adalah untuk memberikan setiap jumlah maksimum aksi mendebarkan diperoleh melalui kecepatan. Sepeda pas terbaik untuk SC mungkin ringan, tetapi lama perjalanan sepeda suspensi penuh.Indycross (IX) pada dasarnya adalah Palang Gunung acara yang menampilkan berbagai macam fitur yang dijalankan oleh satu pesaing per waktu. [3]Sepeda North Shore jauh seperti sepeda Freeride dalam geometri dan menurun sepeda di makeup komponen mereka. Karena aksi utara pantai telah berevolusi untuk tidak hanya mencakup jembatan sederhana dan kompleks tetapi juga tetes besar dan kecepatan tinggi keturunan melalui serangkaian aksi sepeda pantai utara umumnya memiliki sebagai perjalanan sebanyak menurun dan sepeda Freeride, namun dengan lebih bingkai gesit dan bermanuver desain, dan berat seringkali lebih ringan.Lingkaran kotoran trek balap Dalam kelas balap segala jenis sepeda yang digunakan, paling sering sebuah gunung sepeda hardtail dengan suspensi depan. Modifikasi yang berbeda dibuat untuk melacak sepeda balap, seperti mengurangi berat sepeda, meningkatkan daya rem, mencoba cambers yang berbeda (sehingga ketika sepeda bersandar ban adalah tingkat yang lebih dengan trek sehingga menciptakan grip lebih), dan mencoba rasio roda gigi yang berbeda.Perlu dicatat bahwa pada hari-hari awal bersepeda gunung, semua sepeda gunung agak kustom, mesin homebuilt, dan digunakan untuk sejumlah stunts, trik, balap atau kegiatan lainnya. Desain umum dari sepeda adalah serupa. Sebagai olahraga tumbuh, desain yang lebih khusus dan peralatan diperkenalkan. Segmentasi pasar lebih lanjut di luar XC suspensi depan sederhana mulai terjadi pada pertengahan tahun 1990, karena sepeda besar dan produsen peralatan mampu melayani khusus untuk tuntutan perubahan.



Desain modern
Sebuah 2002 21 kaku kecepatan Trek 800 SportPada 2000-an, sepeda gunung sering menggunakan frame dirancang untuk off-road, yang diperkuat untuk menahan melompat dan dampak dan yang menggunakan geometri yang memungkinkan untuk naik lebih bersemangat rintangan seperti kayu, batu, dan landai. Pada 2000-an, sepeda gunung sering memiliki baik 21, 24, atau 27 kecepatan, dengan 3 roda gigi di depan, dan 7 8, atau 9 roda gigi pada roda belakang. Tiga puluh kecepatan sepeda gunung sebelumnya sudah tidak bisa dijalankan, sebagai lumpur-shedding kemampuan sebuah kaset sepuluh kecepatan, dan seluk-beluk sebuah derailleur belakang sepuluh kecepatan tidak pernah cocok. Namun, banyak pro-tingkat pengendara sepeda motor gunung telah diambil untuk menggunakan rantai 10-kecepatan jalan sempit dengan setup 9-kecepatan dalam upaya untuk mengurangi berat sepeda mereka.Pada awal 2009, kelompok komponen SRAM mengumumkan pembebasan mereka dari groupset XX mereka, yang menggunakan derailleur depan dua kecepatan, dan derailleur sepuluh kecepatan belakang dan kaset, mirip dengan sepeda jalan.Lumpur-shedding kemampuan sepuluh kecepatan kaset XX mereka dibuat cocok untuk digunakan MTB oleh mesin CNC ekstensif kaset. Karena waktu dan biaya yang terlibat dalam suatu produk, mereka hanya ditujukan untuk top-end XC-pembalap.Namun, 10-kecepatan telah menjadi norma pada tahun 2011 dan pemimpin pasar Shimano bahkan menawarkan groupset anggarannya "Alivio" dalam versi 10-kecepatan.



Geometri
Artikel utama: Sepeda geometri bingkaiSudut kritis dalam geometri sepeda adalah sudut kepala (sudut kepala tabung), dan tabung sudut kursi (sudut tabung kursi). Sudut-sudut ini diukur dari horisontal, dan secara drastis mempengaruhi posisi pengendara dan karakteristik kinerja sepeda. Gunung geometri sepeda sering akan menampilkan sudut tabung kursi sekitar 73 derajat, dengan sudut kepala tabung dari mana saja 60-73 derajat. Aplikasi yang dimaksud sepeda mempengaruhi geometri yang sangat berat. Secara umum, sudut lebih curam (lebih dekat ke 90 derajat dari horisontal) yang lebih efisien untuk mengayuh sampai bukit dan membuat untuk penanganan lebih tajam. Slacker sudut (bersandar jauh dari vertikal) lebih disukai untuk kecepatan tinggi dan menurun stabilitas.



Suspensi
Sebuah sepeda gunung full suspensiArtikel utama: suspensi SepedaPada sepeda gunung masa lalu memiliki kerangka kaku dan garpu.Pada awal 1990, sepeda gunung pertama dengan garpu suspensi diperkenalkan. Hal ini membuat naik di medan kasar lebih mudah dan lebih fisik stres. Garpu suspensi pertama memiliki sekitar 1 ½ sampai 2 inci (38 sampai 50 mm) dari perjalanan suspensi. Forks sekarang tersedia dengan 8 inci (200 mm) dari perjalanan atau lebih (lihat di atas bawah "Desain"). Sepeda dengan suspensi depan dan kaku, tidak ditangguhkan roda belakang, atau hardtails menjadi populer hampir dalam semalam. Sementara desain hardtail memiliki manfaat biaya yang lebih rendah, kurang pemeliharaan, dan efisiensi mengayuh lebih baik, perlahan-lahan kehilangan popularitas karena perbaikan dalam desain suspensi penuh.Banyak sepeda gunung baru mengintegrasikan "suspensi penuh" desain dikenal sebagai Suspensi Ganda atau "penuh susser", yang berarti bahwa bagian depan dan roda belakang dilengkapi dengan shock absorber dalam bentuk tertentu saat roda menempel pada sepeda. Ini memberikan pengendaraan yang seperti roda depan dan belakang sekarang dapat melakukan perjalanan atas dan bawah untuk menyerap kekuatan kendala mencolok ban. Sepeda suspensi ganda dengan kualitas yang sama jauh lebih mahal, tetapi kenaikan harga ini membawa upgrade off-road kinerja besar sebagai sepeda suspensi ganda lebih cepat pada bagian menurun dan teknis / kasar, daripada bentuk-bentuk lain dari sepeda gunung. Hal ini karena ketika roda menyerang hambatan kecenderungannya adalah untuk bergerak naik. Karena beberapa energi maju yang hilang dalam gerakan ke atas beberapa kecepatan hilang. Sepeda Suspensi ganda memecahkan masalah ini dengan menyerap ini gaya ke atas dan mengirimkan ke dalam guncangan dari roda depan dan belakang, secara drastis mengurangi terjemahan dari momentum ke depan ke dalam gerakan ke atas berguna. Banyak sepeda suspensi ganda termasuk berat badan menurun, Freeride dan Kerugian dari suspensi belakang meningkat, harga meningkat, dan dengan beberapa desain, penurunan efisiensi mengayuh, hal ini terutama terlihat ketika bersepeda di jalan dan jalur keras. Pada awalnya, awal desain suspensi belakang yang terlalu berat, dan rentan baik untuk mengayuh diinduksi angguk atau lockout pada titik-titik tertentu dari busur suspensi atau perjalanan, ini masih kasus sepeda bagian bawah banyak. Salah satu desain yang paling populer suspensi belakang untuk memecahkan masalah ini telah menjadi 'Horst Link' yang pertama kali muncul dengan seri AMP sepeda, dan kemudian diadopsi oleh banyak produsen khusus dan sepeda gunung lainnya.



Disc brake
Sebuah rem cakram depan, dipasang ke garpu dan hubUntuk informasi lebih lanjut lihat sistem Sepeda rem. Untuk informasi umum melihat rem Disc.Sementara murah department store ala sepeda gunung sering datang dengan V-rem, paling tinggi-end sepeda gunung diproduksi sejak pertengahan 2000-an penggunaan rem cakram. Ini mungkin menawarkan tenaga pengereman meningkat selama rem pelek dalam kondisi yang sulit, karena mereka berada di pusat roda (pada hub roda) dan karena itu tetap kering dan bersih daripada roda rims, yang lebih mudah kotor atau rusak. Kerugian dari rem cakram adalah biaya mereka yang meningkat dan berat seringkali lebih besar. Baik mengatur rem v atau kantilever tua set-up, dalam kondisi jalan normal bisa sama-sama, jika tidak lebih efektif dalam menghentikan kekuasaan.

Roda dan Desain Ban
Sepeda gunung Kebanyakan menggunakan sepeda roda 26-inch (559 mm), meskipun beberapa model menawarkan 24 atau 29 inci (520 atau 622 mm) roda. Sepeda roda ukuran tidak pengukuran yang tepat: a 29 gunung roda sepeda inci sebenarnya memiliki 622 milimeter (24,5 in)) kursi diameter manik (, ​​istilah kursi diameter manik (BSD), digunakan dalam ban dan pelek ETRTO sistem sizing). 622 roda mm standar pada sepeda jalan dan biasanya dikenal sebagai 700C. Di beberapa negara, terutama di Benua Eropa, 700C (622 mm) roda biasanya disebut roda 28 inci. [4] 24 roda inci yang digunakan untuk sepeda kotoran melompat dan kadang-kadang pada sepeda Freeride, belakang roda saja, karena hal ini membuat motor lebih bermanuver. 29 inci roda pernah digunakan untuk tujuan Negara hanya Cross, tapi sekarang menjadi lebih umum dalam disiplin lain dari bersepeda gunung.Sebuah sepeda gunung dengan 29 "roda sering disebut sebagai 29er sebuah Roda datang dalam berbagai ukuran lebar, mulai dari standar rims cocok untuk digunakan dengan ban dalam 26 in x 1,90 in ke 2,10 di (559 x 48-53 mm). ukuran, untuk 2,35 dan 3,00 di (60 dan 76 mm) lebar populer dengan Freeride dan menuruni bukit sepeda. Meskipun wheelsets lebih berat disukai di Freeride dan menuruni bukit disiplin ilmu, kemajuan teknologi roda terus mencukur berat badan dari roda yang kuat. Hal ini sangat menguntungkan karena bergulir berat sangat mempengaruhi penanganan dan pengendalian, yang sangat penting untuk sifat teknis Freeride dan menuruni bukit berkuda. Lebar roda terluas kadang-kadang digunakan oleh icebikers yang menggunakan sepeda gunung mereka untuk musim dingin kali naik dalam kondisi bersalju.Produsen memproduksi ban sepeda dengan berbagai macam pola tapak yang sesuai dengan kebutuhan. Di antara gaya ini adalah: jalan licin ban, ban jalan dengan punggungan pusat dan tapak luar, sepenuhnya menonjol, depan-spesifik, belakang-spesifik, dan salju bertaburan. Beberapa ban dapat khusus dirancang untuk digunakan dalam cuaca tertentu (basah atau kering) dan daerah (keras, lunak, berlumpur, dll) kondisi. Desain ban lain berusaha untuk menjadi semua-sekitar yang berlaku. Dalam aplikasi yang dimaksud sama, ban lebih mahal cenderung lebih ringan dan memiliki ketahanan kurang bergulir. Karet ban lengket sekarang tersedia untuk digunakan pada Freeride dan menuruni bukit sepeda. Meskipun ban memakai bawah lebih cepat, mereka memberikan traksi yang lebih besar dalam semua kondisi, terutama saat menikung. Ban dan rims tersedia baik tabung atau desain tubeless, dengan ban tubeless baru-baru ini (2004) mendapatkan nikmat untuk ketahanan pinch flat mereka. Ban tubeless juga dapat dijalankan pada tekanan udara lebih rendah untuk meningkatkan traksi dan hambatan gelinding meningkat.Produsen ban populer termasuk Sepeda Wilderness Trail, Schwalbe, Maxxis, Nokian, Michelin, Kontinental, Tioga, Kenda, Hutchinson Khusus dan Panaracer.



Tandems
Sebuah tandem, full-suspensi sepeda gunungMountain bikes tersedia dalam konfigurasi tandem. Sebagai contoh, Cannondale dan Siklus Santana menawarkan yang tanpa suspensi, sementara Ellsworth, Nicolai, dan tandems pembuatan Ventana dengan suspensi penuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman